02 Januari 2013

SUATU SORE DI ANDUONOHU


Hujan. Dingin. Secangkir kopi hitam yang mengepul. Diana Krall menyanyi dari speaker-ku. Diseling suara guruh yang memekakkan telinga. Di luar langit sangat kelam. Tetapi entah mengapa, aku ingin bernyanyi tentang dedaunan yang basah. Tetesan air di dahan dan ranting. Tentang kehidupan yang jauh terlupakan di sudut dunia nan terpencil. Dan rasa sepi yang memenuhi  udara. Serta perasaan yang bergumpal dalam pikiran. Mengalir dalam waktu. Mengalir bersama waktu. Mengalir....

Bagaikan air yang tergenang memenuhi halaman depan rumahku, pikiranku mengalir kemana rasa hati membawanya pergi. Berhembus bersama angin yang bertiup. Dan lagu. Dan musik indah ini. Hidup bagaikan mimpi yang berputar dalam lelap bumi. Bagaikan mimpi yang muncul dari kegelapan sambil menjinjing harapan yang tak terpenuhi. Menunggu. Menunggu. Dan menunggu.

Siapakah sesungguhnya diri ini? Mengapa aku harus berada di sini? Dapatkah kutemukan semangat untuk mencari kebenaran? Berapa lamakah aku harus menanti kesempatan? Ataukah hidup ini hanya untuk larut bersama iringan musik yang indah ini hingga usai? Kebenaran seperti apakah yang kucari? Sebentar lagi hari akan malam. Tetapi besok segera pula tiba. Hari pergi dan datang. Hidup ini bagaikan tarian sang lagu yang kadang lambat dan kadang cepat tetapi takkan pernah ingin kuhentikan. Karena dia indah. Sungguh indah.

Alam adalah misteri. Dia menyimpan masa lalunya dalam kesadaranku. Dia menampakkan kekiniannya dalam perasaanku. Dia menyembunyikan masa depannya dalam impianku. Dan semuanya membawa impian akan hidup pada satu titik utama: harapan. Yang mana, tanpa itu, semuanya terasa sia-sia. Sebab itulah milikku yang paling berharga. Hanya itu.

Hujan. Dingin. Secangkir kopi hitam. Irama musik. Suara guruh. Jalanan sepi. Tetapi inilah hidup yang kusadari. Inilah hidup yang nyata bagiku. Bagiku.

Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...