27 Maret 2013

ARTI SEBUAH RENUNGAN


Kata hanya dapat ditulis dan dibayangkan tetapi tak mampu dan tak mungkin sama dengan kenyataan yang sesungguhnya. Kadang kata dapat dibayangkan jauh lebih atau bahkan kurang dari makna kata itu sendiri. Demikianlah jika kita membaca kata gembira, kecewa atau sepi, kita hanya bisa membayangkan bagaimana perasaan itu sesuai dengan pengalaman diri kita sendiri, bukan pengalaman nyata dari sang penulis. Tetapi bagaimana pun, kata-kata yang tertulis selalu dapat mengajarkan kepada kita bahwa bukan hanya kita yang pernah atau sedang mengalami apa yang tertulis itu walaupun pasti berbeda dalam situasinya masing-masing.

Sebuah tulisan, baik tentang pengalaman maupun tentang suatu peristiwa, seorang penulis sering hadir bersama perenungannya tentang kehidupan ini. Dengan demikian kita tahu dan paham bahwa selalu ada nuansa yang berbeda bahkan dalam pengalaman yang mirip atau sama sekalipun. Dan dari pemikiran itulah kita dapat mencoba memahami diri kita sambil berusaha untuk memahami orang lain. Mencoba untuk mengenal kepribadian kita sambil berupaya untuk mengerti kepribadian sesama. Maka sebuah tulisan, terutama tulisan yang bertutur tentang pengalaman hidup seseorang selalu dapat dijadikan cermin kehidupan. Sebagai contoh sekaligus pelajaran. Memang hidup tidaklah sederhana namun juga tidak perlu dipersulit dengan hanya menenggelamkan diri dalam keakuan kita. Baca dan pahamilah. Lalu temukanlah diri kita sendiri di dalam kata-kata yang mengalir itu.

Sebab itu, bagiku sendiri, sebuah tulisan yang baik selalu dapat membuat kita merenung dan menyadari kenyataan hidup. Selalu membuat kita berpikir dan bertindak untuk berubah, menyesuaikan diri dengan kenyataan. Karena kesadaran bahwa kita tidaklah sendirian. Kita tidaklah istimewa. Juga tidak pernah menjadi yang paling. Sehingga kita tidak perlu menyesali diri. Pun tidak usah membanggakan diri. Yang kita butuhkan hanya kesadaran diri. Bahwa selalu ada nuansa dalam setiap pengalaman seseorang dalam menyikapi sejarah hidupnya. Dalam menghadapi peristiwa yang dialaminya sendiri-sendiri.

Maka dalam kata selalu terkandung makna yang hanya kita bayangkan sesuai dengan pengalaman hidup masing-masing tanpa pernah dapat disamakan kepada setiap orang. Sebab itu, bagaimana pun, kata selalu hadir bersama pengertian yang sama dalam kandungan yang berbeda. Dan itulah makna tulisan, hadir untuk dipahami, direnungkan dan menjadi pelajaran kehidupan. Setiap orang sama dalam kapasitas yang berbeda. Maka jangan membuat sebuah tulisan menjadi keramat. Jangan pula membacanya dengan bayangan yang tunggal dan kekal. Itu tidak akan dan mustahil terjadi. Mustahil selama kita semua memiliki pikiran dan pengalaman yang unik. Kita masing-masing. Dan jika kita tetap melakukan itu, akhirnya kita akan kecewa karenanya. Dan akan gagal memahaminya.

Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...