01 Mei 2013

LANGIT BIRU DI HARI BARU


Di pagi yang indah ini, maukah engkau menyanyikan sebuah lagu untukku? Nyanyikanlah lagu tentang langit yang biru, tentang udara yang sejuk, tentang tetes embun yang menempel di rumput hijau, tentang apa saja yang membuat hati menjadi damai dan hidup menjadi bermakna. Sebab terasa sedemikian banyak kesia-siaan dan sedemikian banyak penderitaan yang menerpa kehidupan kita setiap hari. Maukah engkau menitip salam pada dunia ini? Bahwa segala keperihan, segala kesakitan dan jerit tangis bukannya sia-sia belaka? Bahwa kekecewaan dan keputus-asaan tidak seharusnya membuat hidup kehilangan seri dan semangatnya. Agar setiap hari selalu menjadi hari yang baru, selalu menjadi awal yang penuh harapan bagi dunia kita ini.

Di pagi yang indah ini, dapatkah engkau membawa harapan bagi dunia? Harapan bahwa tangis tak selamanya bermakna duka, kecewa tak selamanya berujung putus asa, sakit hati tak selalu harus berakhir dendam dan kekalahan tak harus berarti kegagalan. Walau hidup sering mengecewakan, tidaklah berarti membuat dia kehilangan semangat untuk menikmati indahnya dunia ini. Lihat, seekor kucing tertidur menggelungkan tubuhnya dengan nikmat, burung-burung terbang melayang di langit biru sambil mengepakkan sayapnya dan orang-orang lewat selalu, setiap hari, tanpa kenal lelah menjalani hidupnya.

Di pagi yang indah ini, apakah yang engkau pikirkan saat terbangun? Adakah engkau berdoa dan bersyukur atas hari yang baru? Adakah engkau menyalami semangat dan harapan yang mungkin akan kau temui hari ini? Adakah engkau menyiulkan sebuah nada indah sambil meraih kembali semangat yang berkobar-kobar untuk menghadapi tantangan dan rintangan yang akan menghadang? Adakah engkau bangkit dengan penuh keinginan untuk mengubah diri, meninggalkan segala kekecewaan, sakit hati dan kesesakan hidupmu? Melepaskan semua dendam dan kecemburuan yang telah mengharu-biru perasaanmu di hari kemarin yang telah silam?

Di pagi yang indah ini, ah, di saat udara masih sejuk dan dunia terasa tenteram, bukankah jauh lebih menyenangkan untuk menemukan dirimu sendiri dalam semangat yang berkobar untuk hidup dan menikmatinya sepenuh-penuhnya tanpa diusik oleh kebencian, kekurangan, kemiskinan, ketak-berdayaan dan memulai hidupmu sambil menatap langit yang biru dan menghirup udara yang segar sambil tersenyum pada dunia. Maka hiduplah dengan bebas. Bebas dalam menentukan perasaanmu. Bebas dalam mendamaikan pikiranmu. Bebas dalam menerima apa saja yang kau punyai. Sebab kebebasan adalah milik kita yang paling berharga. Hari baru. Langit biru. Suasana damai. Betapa indahnya kehidupan ini jika kita semua mau mernikmatinya dengan tulus dan ikhlas. Salam damai bagimu semua.

Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...