16 Oktober 2013

WAJAH-WAJAH

Setiap wajah menyimpan kegembiraan dan kegundahannya sendiri. Setiap wajah selalu menyembunyikan rahasia yang tak mungkin diungkapkan, seberapa dalam pun pengetahuan kita tentangnya. Sebab setiap wajah adalah unik dan tak mungkin disamakan satu dengan yang lain. Siapa yang merasa dapat menebak apa yang ada di balik sebuah wajah selalu harus siap dengan kekecewaan karena ternyata dia sama sekali tak mampu memahami dan bahkan mungkin tak dapat menerima kenyataan yang sesungguhnya.

Hidup seseorang adalah sebuah pengalaman yang hanya bisa diungkapkan oleh yang mengalami. Sementara manusia menciptakan pengetahuan untuk mencoba memahami apa dan mengapa, ternyata sering dia terkecoh bahkan oleh dirinya sendiri. Siapakah yang dapat mengatakan dengan pasti bahwa dia tahu siapa dirinya? Siapakah yang mampu dengan yakin mengatakan bahwa dia memahami cara berpikirnya sendiri? Siapakah yang bisa dengan kepercayaan penuh berteriak bahwa dia sadar akan kesadarannya sendiri?

Hidup adalah sebuah rahasia yang coba kita ungkapkan tetapi ternyata kita sering gagal mengetahui kebenaran yang sesungguhnya. Karena setiap wajah, yang setiap saat menyapa kita – bahkan wajah kita sendiri yang terpampang dalam cermin – ternyata adalah topeng yang selalu menyembunyikan rahasia terdalam hati kita. Rahasia yang bahkan sering kita sendiri tak menyadarinya. Maka cobalah untuk jujur pada apa yang ada, pada apa yang kita pikir dan rasakan, pada apa yang kita inginkan dan kita alami sendiri. Cobalah untuk jujur pada diri sendiri dan menanggalkan segala kemunafikan teori dan kalimat-kalimat indah yang kadang hanya indah dalam kata tetapi sesungguhnya tak bermakna apa-apa.

Setiap wajah menyimpan banyak kemungkinan yang tak dapat disatu-maknakan. Tak dapat diseragamkan. Bahkan tak tak mungkin disimpulkan dalam satu teori, sepelik apapun teori yang dapat kita ciptakan. Di balik tiap wajah yang ada hanyalah rahasia, sebuah selubung kabut tak tembus pandang, tentang keragu-raguan dan kekhawatiran, tentang kesepian dan ketakutan, tentang sesuatu yang seakan ingin digenggam terus namun ternyata lepas. Wajah-wajah kita semua sungguh adalah sebuah topeng yang tak terselami. Tak terselami....


Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...