24 April 2013

REMBULAN


Setiap purnama tiba selalu membawa keindahan cahayanya. Dengan pendar sinar yang menerangi bumi, seakan menyapa alam dan mengirim salam. Bahwa waktu kegelapan takkan pernah kekal. Bahwa selalu ada masanya ketika terang tiba dan membawa harapan yang indah bagi kehidupan ini. Bagi setiap orang. Dan kita hanya perlu menanti dengan sabar. Dengan tetap mempertahankan semangat hidup yang telah dianugerahkan kepada kita. Kita semua.

Lihatlah dunia yang diterangi cahaya purnama itu. Resapkanlah kedamaian yang menyapa engkau. Nikmatilah ketenangan dalam terang yang membuat alam seakan lelap dalamnya. Bukankah kita telah memiliki segala kepermaian itu dengan cuma-cuma? Bukankah kita hanya perlu menikmati dan menyadari kehadirannya yang menakjubkan? Waktu bagi dunia hanya sekedar jalan, ke depan tanpa perlu disesali, tanpa perlu merasa kecewa dan sakit hati. Sebab siapakah yang mampu untuk menahan kehadiran sang purnama? Dia akan muncul sesuai dengan waktu yang dimilikinya.

Setiap kehadiran kita tidak hanya memiliki masa kelam, tetapi juga masa terangnya sendiri. Hidup hanya perlu dibiarkan mengalir sesuai dengan kodratnya. Hidup hanya butuh kesempatan untuk tetap ada dan tetap berlangsung. Maka purnama yang tiba segera akan menyapa kita, segera akan membawa kembali harapan yang hilang. Kita selalu punya kesempatan untuk berguna. Untuk berarti. Tak ada yang sia-sia di dunia ini selain dari ketidak-sabaran kita dalam menghadapinya.

Memangnya siapakah kita sehingga menginginkan segala sesuatu berjalan dengan sempurna? Bukankah kita hanya perlu menyadari keberadaan kita dalam eksistensi alam semesta ini? Dan semuanya berjalan sesuai dengan perputaran yang telah pasti? Bagai roda yang berputar menuju ke satu tujuan pasti, kita kadang berada di atas kadang di bawah, dan selama kita masih hidup, selama itu pula kita tak dapat menghindari situasi tersebut. Tetapi pada saatnya nanti, kita akan tiba di tujuan dimana kita dapat beristirahat dalam ketenangan yang abadi.

Setiap purnama tiba selalu membawa pesan bahwa, ada yang tak pernah bisa dihentikan. Bahwa dia akan tetap selalu hadir. Jika saatnya telah tiba. Dan sama seperti rembulan itu, harapan pun menjadi purnama yang indah jika kita setia mempertahankan semangat rembulan kita. Ya, rembulan adalah semangat dan purnama adalah harapan yang akan terwujud jika kita setia dalam meyakini kehidupan kita di alam semesta ini. Dan seperti roda yang terus berputar, kita mengarah ke satu tujuan pasti. Di sanalah kita akan membuktikan kebenaran keyakinan kita semua.

Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...