07 Januari 2013

LUAR GARIS


Kalau dalam urusan percaya saja anda tidak bisa, untuk apa anda hidup?”
Tapi kalau menggunakan akal sehat secara berlebihan, bisa-bisa keajaiban alam semesta ini ikut terbuang.....”
(Life of PiYann Martel)

Pernahkah kita menyadari bahwa setiap malam akan diakhiri dengan tibanya pagi? Demikian pula pagi datang yang akan disusul dengan siang lalu malam kembali? Ataukah kita hanya menjalaninya hari-hari dengan kebiasaan yang sama tanpa kesadaran betapa waktu berubah terus menerus sementara kita hanya dapat larut bersamanya? Hari datang dan pergi. Namun kita sering terpaku dalam pikiran serta perbuatan yang tetap dan tak berubah. Dan walau waktu berganti, kita bertahan dengan kondisi kita yang sudah terasa aman dan nyaman. Namun.....

Setiap pagi tiba, kita terbangun dan memulai kegiatan sama seperti pagi yang telah lewat, dan merasa akan tetap demikian di pagi-pagi kemudian. Kita menjalani hidup ini sesuai dengan apa yang telah dan menjadi kebiasaan kita setiap hari. Setiap perubahan sering membuat kita menjadi tertekan dan merasa salah. Setiap perubahan menimbulkan perasaan jengkel atau kecewa. Namun, apakah kita tak pernah sadar bahwa malam pasti akan menuju pagi dan pagi pasti akan kembali ke malam?

Begitulah, kita sering hidup hanya dengan apa yang ada dalam pikiran dan kebiasaan kita tanpa memperhitungkan kemungkinan yang lain dari lingkungan yang dapat atau pasti lain daripada pola kehidupan kita. Setiap pagi, saat kita terbangun, kita merasa pasti bahwa hari akan mengikuti gaya hidup kita, pola pikir kita, kebiasaan-kebiasaan kita, sehingga kita cenderung untuk menolak setiap perubahan yang bisa saja terjadi dari situasi lingkungan yang ada di sekitar kita. Dan kita enggan untuk memikirkan betapa sesungguhnya setiap saat hidup dapat dan pasti selalu berubah yang sering tidak sesuai dengan cara pandang kita terhadapnya.

Kebiasaan membentuk hidup ini menjadi sebuah kepastian, kebenaran mutlak, padahal jika kita jujur dan mau menyadari hidup ini, dapatkah kita memastikan bahwa saat pagi kita tiba masihkah kita akan menikmati malam hari juga? Sesungguhnya kita tidak tahu dan tidak akan tahu. Setiap saat hidup dapat berubah dengan mendadak. Setiap saat yang kita jalani sungguh memiliki perubahan yang sering tidak dapat kita perkirakan dalam pikiran kita. Hidup berlangsung tidak hanya dalam nalar kita tetapi juga dengan segala nuansa yang tak terduga dan bahkan sering bertentangan dengan cara pandang kita.

Maka kita harus sadar bahwa, walau waktu selalu berganti dalam siklus yang tetap dan pasti, kita sendiri tidak memiliki kemampuan untuk memastikan segala sesuatu bagi kita juga akan tetap sama. Dalam satu hal, kita dapat dan harus percaya bahwa hidup ini selalu akan berubah setiap saat. Sebab itu, keindahan dari hidup ini sesungguhnya bukan berada pada segala rancangan dan keinginan yang ada di pikiran kita tetapi justru pada banyaknya kemungkinan tak terduga yang dapat terjadi setiap saat, kemungkinan yang barangkali bahkan sama sekali tak pernah kita duga dan pikirkan sebelumnya. Dan disanalah hidup menghasilkan rasa takjub. Setiap perubahan seharusnya menjadi keajaiban alam semesta dan bukannya mengganggu kemapanan kebiasaan kita.

Kita hidup di dunia yang berubah setiap saat. Pagi menuju malam. Malam menjadi pagi. Perubahan. Tak ada yang tetap. Hidup pun demikian adanya. Karena itu dia menjadi indah. Dia menjadi menakjubkan. Maka siapapun kita, apapun yang kita alami, bagaimanapun keadaan kita, percayalah bahwa hidup ini takkan pernah sama. Dan takkan dapat tetap sama. Setiap saat, setiap waktu, perubahan dapat terjadi. Sebab itu, sesekali, kita lupakan sejenak akal sehat kita. Sesekali, kita rengkuh perasaan kita. Sesekali, kita harus percaya pada naluri kita. Sesekali, hiduplah di luar garis. Sebab semuanya itu dikaruniakan kepada kita bukan tanpa sebab. Bukan tanpa manfaat. Hidup ini anugerah. Bukan kutukan. Percayalah.

Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...