24 Agustus 2013

KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN

Di dunia ini, ada banyak hal yang dapat membuat kita merasa risau namun tak berdaya untuk mengatasinya. Kita tahu bahwa ada banyak masalah, kita sadar bahwa ada banyak persoalan dan pertanyaan yang mengusik pikiran. Namun tanpa jalan keluar. Serta tanpa jawaban sama sekali. Tetapi dalam ketidak-berdayaan kita untuk dapat menyelesaikan atau bahkan untuk menghindarinya, kita hanya bisa pasrah menerima dan menjalani hidup kita apa adanya. Sebagaimana mestinya.

Maka siapa pun kita, dimana pun kita, bagaimana pun kita, dibutuhkan kesadaran akan keterbatasan kita dalam menjalani hidup ini. Musibah, bencana dan kekejaman terjadi dimana-mana. Tetapi bagaimanakah keadaan kita sekarang? Saat ini? Mungkin saat kita sedang membaca renungan ini, kita sedang duduk dengan kopi hangat di samping kita, di atas meja kecil dalam udara yang nyaman. Mungkin saat ini kita sedang berbaring dengan nyaman sambil mendengarkan lagu “what a wonderful day” yang indah dari Louis Amstrong. Ya, semua mungkin saja.

Hidup memang punya semua kemungkinan, baik yang dapat kita bayangkan dan kita pikirkan maupun yang tidak. Dan setiap kemungkinan memang sering menyembunyikan kejutan-kejutan yang dapat membuat kita terpana. Terkejut dan merasa sedih atau pun gembira. Sebab memang demikianlah kenyataan sehari-hari yang kita alami. Hidup adalah kenyataan yang kadang sangat pahit tetapi pun tak jarang terasa amat manis menyentuh jiwa. Dari semuanya itu, yang dapat kita lakukan hanyalah menerima dan menjalaninya sebagaimana dia terjadi. Sebagaimana adanya.

Dan itulah tantangan yang harus kita terima dan kita hadapi setiap hari. Sebuah tantangan yang menyadarkan kita bahwa kita ada dan tidak hanya hidup di alam dongeng saja. Dan sebagaimana dengan semua kemungkinan yang tidak pasti tetapi selalu memiliki harapan, setiap tantangan juga akan selalu memiliki peluang di saat semuanya dapat kita jalani dengan baik. Walau sering tertatih-tatih, letih dan mendekati putus asa, kita harus tetap memiliki semangat untuk berjalan menempuh semua itu. Tak ada badai yang tak berlalu. Tak ada kemarau yang berakhir. Hidup selalu punya banyak hal untuk dinikmati. Disyukuri. Selama kita masih memiliki semangat. Selama kita tetap percaya kepada kemungkinan.

Ingatlah bahwa kita ini bukanlah robot yang hanya dapat menjalankan program yang telah ditanam secara permanen dalam otak kita. Kita bukanlah benda mati, bukan hanya batu-batu yang tak bernyawa dan bisu tak berdaya. Kita hidup. Kita berpikir. Kita dapat merasakan semua penderitaan dan kesenangan yang sedang kita alami. Sebab itu, setiap hari, setiap saat kala kita rubuh dikalahkan dan gagal dalam apa yang sedang kita perjuangkan, bangkit dan percayalah bahwa hidup memang seharusnya demikian. Sebab kita tidak hidup sendirian. Kita hidup selalu dalam keterkaitan dengan orang lain, sesama kita, lingkungan kita, alam semesta raya kita. 

Lihatlah, pernahkah kita menyaksikan panorama fajar yang sama persis setiap pagi? Dapatkah kita menemukan panorama senja yang tidak berbeda setiap sore? Tidak! Sebuah peristiwa berlalu dan dia takkan kembali persis sama di saat yang berbeda. Hiduplah. Percayalah pada semua kemungkinan. Maka kita tidak akan terkalahkan. Tidak akan pernah terkalahkan. Bersyukurlah pada semangat yang dapat kita rasakan setiap hari. Bersoraklah pada segala kemungkinan yang demikian tak pasti itu. Itulah tanda bahwa kita hidup. Tanda kita ada. Dan tidak kenal menyerah. Hidupilah hidupmu.

What a wonderful world.......”


Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...