17 Agustus 2013

TENTANG CINTA

Apakah cinta itu? Cinta adalah belaian lembut angin yang menyentuh kulit. Cinta adalah kehangatan sang surya saat fajar menyingsing. Cinta adalah tetesan air hujan pada rambut. Cinta adalah keindahan bung-bunga yang sedang mekar. Cinta adalah hamparan dedaunan di bumi yang menguning layu setelah lepas dari tangkainya. Cinta adalah dinginnya malam yang membuat kita menggigil. Cinta adalah segala sesuatu yang dapat kita nikmati setiap hari. Setiap saat.

Bukankah hidup ini adalah cinta itu sendiri? Kita ada, kita hadir disini, sekarang dan saat ini, dikehendaki atau pun tidak, selalu dapat kita nikmati. Selalu dapat kita hayati. Dan pahami. Jika kita mau. Jika kita tidak menolaknya. Ya, cinta adalah penerimaan kita pada hidup yang kita miliki. Bahkan dalam badai topan pun kita dapat menemukan cinta. Setiap pengorbanan adalah cinta yang menampakkan wujudnya secara nyata. Setiap kesedihan, kekecewaan dan sakit hati adalah cinta yang meminta kita untuk dipahami dan diterima.

Maka cinta adalah sesuatu yang tak pantas kita tolak. Walau kadang dia membuat kita terluka. Walau sering dia membuat kita kecewa. Bahkan sesungguhnya, kesakitan dan penderitaan yang kita alami tidaklah berarti bahwa cinta telah gagal. Tidak. Tetapi perasaan sedih, hampa dan duka yang melilit kita justru karena penolakan kita terhadapnya. Justru karena kita enggan untuk menerima dia apa adanya. Karena kita lebih menyukai diri dan kepentingan kita daripada apa yang siap diberikan oleh cinta kepada kita.

Lihat, dengarkan dan rasakanlah betapa setiap saat cinta memberikan dirinya kepada kita dengan tanpa syarat. Dengan tanpa mengharapkan imbal jasa. Dan karena dia memberikan hidup ini tanpa kepentingan diri, maka kita pun selayaknya menerima tanpa perhitungan untung rugi. Hanya dengan kepekaan menerima pada apa saja yang ada. Hanya dengan menghargai apa saja yang dapat kita lihat, rasa dan raih. Sebab cinta adalah semua hal yang baik dan indah jika kita mau menyisihkan keinginan, hasrat dan ambisi pribadi kita masing-masing.

Cinta adalah kehidupan ini. Dalam keheningan dan keriuhan. Dalam ketenangan dan badai. Dalam kecemerlangan dan kegelapan. Dalam pagi dan malam. Dalam lembah terdalam dan gunung tertinggi. Dalam samudra tak bertepi dan gurun pasir terluas. Dalam segala apa yang dapat kita lihat, dapat kita rasa, dapat kita dengar: alam semesta, udara, desah angin. Bahkan eongan kucing manja maupun auman singa buas. Cinta adalah segala yang dapat kita kenali dalam hidup ini. Terimalah dia apa adanya. Tanpa penolakan. Tanpa keinginan diri sendiri. Cinta adalah hidup kita semua. Hidup kita semua.


Tonny Sutedja

Tidak ada komentar:

HIDUP

    Tetesan hujan Yang turun Membasahi tubuhku Menggigilkan Terasa bagai Lagu kehidupan Aku ada   Tetapi esok Kala per...